Day – 9-10

Hari Kesepuluh

Hari ini saya akan mencoba menjelaskan sedikit mengenai Jurnal Penyesuaian. Sebenarnya terasa agak sulit bagi saya untuk memahaminya, tapi saya akan mencoba menjelaskan apa yang telah saya pelajari. Baiklah, hal pertama yang terlintas di pikiran saya ialah “Kenapa kita butuh Jurna Penyesuaian?” “Bukan kah saldo di buku besar sudah cukup untuk membuat laporan keuangan?”, lalu saya melakukan pencarian dan bertanya ke beberapa teman saya yang memang mengerti. Kesimpulannya seperti ini.

Neraca saldo yang telah disusun setelah buku besar dan menjadi dasar dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan tidak semuanya menunjukan nilai yang sebenarnya dari akun tersebut. Agar neraca saldo menyajikan keadaan yang sebenarnya dari tiap akun maka disusunlah jurnal penyesuaian.Jadi intinya Jurnal Penyesuaian adalah jurnal yang dibuat pada akhir periode akuntansi yang berfungsi untuk menyesuaikan sedemikian rupa sehingga nillai- nilai dari harta, hutang, modal, pendapatan, dan beban, sehingga tersebut memperlihatkan nilai  yang sebenarnya. Untuk lebih lengkapnya silahkan buka link dibawah ini.

Jurnal Penyesuaian


Leave a comment