Day – 7-8

Hari Ketujuh dan Delapan.

Pada hari ketujuh saya pergi menemui teman saya di UPI, Rizkiana Zahra. Dia adalah seorang dari jurusan pendidikan akuntansi, sebelumnya saya telah membuat janji dengannya terlebih dahulu dan dia bersedia untuk mengajari saya tentang akuntansi *yay!*, Maka pada pagi itu pergilah saya ke UPI untuk menemuinya, pada pertemuan itu saya diajarkan mengenai siklus akuntansi yaitu bermulai dari Jurnal Umum > Buku Besar > Neraca Sisa > Jurnal Penyesuian > Work Sheet (optional) > dan Laporan Keuangan (Laba/Rugi, Perubahan Modal, dan Neraca). Sebelumnya saya telah cukup mengerti tentang cara kerja Jurnal Umum dan Buku Besar, tahap selanjutnya ialah pengikhtisaran dari buku besar tersebut yang terdiri dari Neraca Sisa, Jurnal Penyesuian, Work Sheet/Kertas Kerja. Pengikhtisaran ini dimaksudkan untuk mengolah data-data yang terdapat pada buku besar menjadi informasi yang dirangkum dalam sebuah laporan keuangan.

maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas apa yang telah saya pelajari tentang Neraca Sisa dan Laporan Keuangan terlebih dahulu.Untuk pembahasan tentang Neraca Sisa dapat dilihat melalui link dibawah ini.

Neraca Saldo (Saldo Trial Balance)

Selanjutnya saya akan membahas tentang Laporan Keuangan. Dasarnya keguiatan akuntansi dibedakan untuk perusahaan dagang dan perusahaan jasa, yang selama ini saya bahas ialah mengenai Perusahaan Jasa. Laporan Keuangan

Laporan Keuangan merupakan dasar untuk dapat menentukan atau menilai posisi keuangan suatu perusahaan. Informasi mengenai posisi keuangan yang terbaca dalam laporan keuangan ini, akan berguna bagi pihak-pihak yang berkepentingan untuk mengambil keputusan.
Pada umumnya, laporan keuangan terdiri atas Laporan Laba/Rugi, Laporan Perubahan Modal, dan Neraca. Untuk lebih lengkapnya silahkan buka link dibawah ini.

Leave a comment